Sumaterapost, PRINGSEWU – Kejaksaan Negeri Pringsewu melaksanakan program Jaksa Masuk Desa ke Kecamatan Pagelaran Utara Kabupaten Pringsewu, Senin (15/10).

Kegiatan yang dipusatkan di Aula GSG Kecamatan Pagelaran Utara dipimpin langsung oleh Ahmad Adi Sugiarto, SH. Jaksa Fungsional Intelejen pada Kejari Pringsewu.

“Kegiatan tersebut merupakan upaya preventif terjadinya Tindak Pidana Korupsi di wilayah Hukum Kecamatan Pagelaran Utara, hal ini dikatakan oleh Ahmad Adi Sugiarto. SH.

Dalam penjelasannya saat melakukan penyuluhan, Ahmad Sugiarto, SH, mengatakan, kegiatan Jaksa Masuk Desa ini, dilaksanakan berdasarkan keputusan jaksa agung nomor Kep-001a/A/JA/2006, tentang Pelaksanaan Penyuluhan dan Penerangan Hukum serta Instruksi Jaksa Agung Nomor INS-004/A/JA/08/2012 tentang pelaksanaan peningkatan tugas penerangan dan penyuluhan hukum program pembinaan masyarakat taat hukum.

“Kita ingin masyarakat paham tentang hukum dan fungsi kejaksaan ini seperti apa dan apa tugas- tugas kita serta kewenangan dalam penegakkan hukum,” kata Adi

Dia mengatakan, kedepannya kegiatan penerangan dan penyuluhan hukum program Jaksa Masuk Desa (JMD) akan dilaksanakan ke seluruh Desa terpelosok yang berada di wilayah hukum Kabupaten Pringsewu

“Kita ingin masyarakat melihat hukum. Ini salah satu langkah kejaksaan membangun sistem hukum yang mencakup tiga komponen yakni struktur hukum, subtansi hukum, dan budaya hukum dengan progarm JMD,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Camat Pagelaran Utara Bambang Suharmanu,Sos, Sekretaris Camat Pagelaran Utara , Jaksa Fungsional Intelijen Pada Kejari Pringsewu Ahmad Adi Sugiarto,SH , Intelijen Pada Kejari Pringsewu RA. Nur Rizki,SH. ,Kapospol Pagelaran Utara Ipda.AY Yosef, Para Kepala Pekon SeKecamatan Pagelaran Utara, Para Sekretaris Pekon SeKecamatan Pagelaran Utara, Kaur Pembangunan Pekon, Para BHP SeKecamatan Pagelaran Utara.

(benk)